farahlieshop.blogspot.co.id

Kamis, 03 Oktober 2013

Wayang Purwa



Tidak banyak yang mengetahui bahwa cerita Wayang Purwa ini adalah cerita asli Pewayangan Indonesia, merujuk pada kata purwa yang berarti adalah permulaan atau awal, maka cerita ini mengisahkan awalnya sejarah atau silsilah pewayangan. Mulai dari saat lahirnya Sanghyang Ismaya (Semar), Sanghyang Antaga (Togog) serta Sanghyang Manikmaya dalam bentuk rupa sebutir telur, hingga kelahiran para dewa-dewi yang bersemayam di istana Jongring Salaka.

Kita tidak akan menemui para punakawan dalam cerita aslinya yang dari India (Ramayana dan Mahabharata), namun cerita Wayang Purwa ini dan khususnya cerita wayang lainnnya sudah berasimilasi dengan kultur budaya Pasundan atau Jawa umumnya, meski ada sedikit perbedaan, namun lebih banyak persamaan penceritaaannya diantara kedua kultur budaya tersebut.

Cerita mengenai Batara Kala, Dewi Srinadi yang pada masyarakat agraris di pedesaan Indonesia dipercaya sebagai dewi padi, dan kesalahpahaman tragis yg terjadi di Goa Kiskenda, saat terjadi pertempuran hidup mati antara Subali, Sugriwa dengan Lembusura-Maesura yang tengah menculik Dewi Tara putri Batara Sambu, serta lahirnya Hanoman yang diamanatkan oleh para dewa melalui Putri Anjani anak Resi Gotama.

Download komik Wayang Purwa disini :

Wayang Purwa 1
Wayang Purwa 2
Wayang Purwa 3
Wayang Purwa 4
Wayang Purwa 5
Wayang Purwa 6
Wayang Purwa 7

Malas download / koneksi lambat? Pesan langsung ke: dvdkomiku@gmail.com